Scholar Repository

Tugas Bab 4 kewirausahaan

Title
Tugas Bab 4 kewirausahaan
Author
Fauzan Lutfillah Diyanda
Details
Tugas Bab 4 kewirausahaan Nama : Fauzan Lutfillah Diyanda NIM: 21213505 Kelas : Manajemen 1 1.Bila Saudara membangun suatu bisnis atau suatu perusahaan, apa yang menjadi dasar utama keinginan tersebut? Adakah factor-faktor lain selain yang Saudara kemukakan di atas? Keinginan utama dalam membangun suatu perusahaan adalah untuk memaksimalkan/meningkatkan sdm yang ada yang kini kurang terserap dengan baik. Dengan cara ini perusahaan dan tenaga kerja yang ada (sdm) saling mendapat keuntungan yang sesuai dengan keinginan. Mendirikan suatu perusahaan/ bisnis yang bersifat saling menguntungkan adalah suatu bentuk usaha yang saya inginkan, harapannya adalah perusahaan dapat bertahan dengan hubungan yang erat dengan karyawan ataupun dengan konsumennya. 2.Seorang entrepreneur akan selalu melihat peluang dalam membuat keputusan bisnisnya. Jelaskan mengapa faktor peluang merupakan bagian fundamental bagi seorang entrepreneur! Seorang entrepreneur memerlukan adanya peluang bisnis untuk menopang kesuksesan bisnisnya karena pada dasarnya peluang adalah kunci seorang entrepreneur untuk memulai bisnisnya yang berhasil. 3.Dalam membangun bisnisnya seorang entrepreneur dipengaruhi oleh berbagai factor peluang bisnis. Sebutkan dan jelaskan factor-faktor peluang bisnis tersebut! Faktor-faktor peluang bisnis •Perubahan teknologi, merupakan peluang usaha karena memungkinkan orang untuk mengalokasikan sumber daya dengan cara yang berbeda dan lebih potensial. •Perubahan politik dan kebijakan, perubahan politik dari orba ke Reformasi dan perubahan kebijakan dari Pusat ke Otonomi Daerah merupakan sumber peluang usaha. •Perubahan demografi, struktur demografi juga membuka peluang usaha. Demografi Yogyakarta sebagai kota pelajar dan budaya, juga dikenal sebagai daerah pensiunan. Hal ini membawa dampak bagi jenis usaha yang dikembangkan di Kota Yogyakarta. •Institusi pendidikan, institusi pendidikan sebagai pusat penelitian adalah sumber peluang usaha dengan memanfaatkan hasil-hasil penelitian. •Akses informasi, informasi memungkinkan seseorang memperoleh peluang membuka usaha dibandingkan dengan orang lain yang tidak mengetahuinya. •Variasi pengalaman hidup, menyediakan akses pada informasi yang baru dan dapat membantu sesorang dalam menemukan peluang karena sebuah informasi yang baru kadang memiliki elemen yang hilang dan memerlukan kecermatan bahwa peluang baru telah hadir. Variasi pengalaman menyebabkan seseorang akan menerima informasi yang baru. •Ikatan sosial, meningkatkan kemungkinan sesorang dalam menemukan peluangusaha melalui interaksi dengan seseorang atau jejaring sosial mereka. •Kepribadian, kepribadian berpengaruh pada tindakan seseorang dalam mengambil keputusan terkait pemanfaatan peluang. Tiga asfek kepribadian sesorang yang berpengaruh terhadap keputusan terhadap peluang: a)Ektraversi, terkait dengan sikap sosial, asertif, aktif, ambisi, inisiatif, dan ekhibisionis. Sikap ini akan membantu entrepreneur untuk mengeksploitasi peluang terutama dalam memperkenalkan ide atau kreasi mereka yang bernilai kepada calon pelanggan, karyawan dan sebainya. b)Agreebleeness (kesepahaman), sikap ini terkait keramahan, konformitas sosial, keinginan untuk memercayai, kerja sama, keinginan untuk memaafkan, toleransi, dan fleksibilitas dengan orang lain. Hal ini akan membantu entrepreneur dalam membangun jaringan. c)Pengambilan resiko, sikap ini berkaitan dengan kemauan seseorang untuk terlibat dalam kegiatan beresiko. •Motivasi, keteka seseorang dihadapkan pada peluang yang sama, keterampilan yang hamper sama, dan informasi yang sama; maka orang dengan motivasi tertentu akan memanfaatkan peluang, sementara yang lain tidak. Ada 2 macam kebutuhan yang melandasi motivasi seseorang: a)Kebutuhan berprestasi, merupakan motivasi yang akan memicu seseorang untuk terlibat dengan penuh tanggung jawab, membutuhkan usaha dan keterampilan individu, terlibat dalam resiko sedang, dan memberi masukan yang jelas. b)Keinginan untuk independen, faktor ini merupaka kekhasan dari seorang entrepreneur. Selain keinginan yang tidak mau ditentukan oleh orang lain, keinginan untuk independen akan memicu seorang entrepreneur menghasilkan produk yang berbeda dengan orang lain.ia akan lebih berani untuk mengambil keputusan dalam mengeksploitasi peluang berwirausaha. •Evaluasi diri, hal yang tak kalah penting dalam entrepeneurship adalah evaluasi diri, meliputi : o Locus of control, didefinisikan sebagai kepercayaan seseorang bahwa ia mampu mengendalikan lingkungan di sekitarnya. o Self efficaly, merupakan kepercayaan seseorang pada kekuatan diri dalam menjalankan tugas tertentu. Entrepreneur sering membuat penilaian sendiri pada keadaan yang tidak menentu, oleh karena itu mereka harus memiliki kepercayaan diri dalam membuat pernyataan, keputusan mengenai pengelolaan sumber daya yang mereka miliki. •Karakteristik kognitif, merupakan faktor yang mempengaruhi bagaimana seseorang berpikir dan membuat keputusan. Dalam mengembangkan peluang kewirausaan, seorang entrepreneur harus membuat keputusan positif mengenai suatu yang belum mereka pahami, dalam ketidak pastian, dan informasi yang terbatas. Karakter kognitif entrepreneur : a)Overconfidence, merupakan kepercayaan pada pernyataan diri yang melebihi keakuratan dari data yang diberikan. Sikap percaya yang berlebihan ini sangat membantu entrepreneur terutama dalam membuat keputusan pada situasi yang belum pasti dan informasi yang terbatas. b)Representative, merupakan keinginan untuk menggeneralisasi dari sebuah contoh kecil yang tidak mewakili sebuah populasi. Dalam representative akan bias mendorong seorang entrepreneur dalam membuat keputusan. Ia menjadi lebih mudah dalam membuat keputusan terutama dalam keadaan yang tidak menentu. c)Intuisi, sebagian besar entrepreneur menggunakan intuisi daripada menganalisis informasi dalam membuat keputusan. Kegunaan intuisi dalam memfasilitasi dalam membuat keputusan mengenai ketersediaan sumber daya, mengorganisasi dan membangun strategi baru. 4.Kepribadian seseorang akan mempengaruhi keputusannya dalam proses pengambilan keputusan terhadap suatu peluang yang muncul. Jelaskan aspek kepribadian yang ekstraversi, agreebleeness, dan pengambil risiko terkait peluang bisnis tersebut. Kepribadian entrepreneur a)Ektraversi, terkait dengan sikap sosial, asertif, aktif, ambisi, inisiatif, dan ekhibisionis. Sikap ini akan membantu entrepreneur untuk mengeksploitasi peluang terutama dalam memperkenalkan ide atau kreasi mereka yang bernilai kepada calon pelanggan, karyawan dan sebainya. b)Agreebleeness (kesepahaman), sikap ini terkait keramahan, konformitas sosial, keinginan untuk memercayai, kerja sama, keinginan untuk memaafkan, toleransi, dan fleksibilitas dengan orang lain. Hal ini akan membantu entrepreneur dalam membangun jaringan. c)Pengambilan resiko, sikap ini berkaitan dengan kemauan seseorang untuk terlibat dalam kegiatan beresiko. 5.Seorang entrepreneur harus memiliki kemampuan mengavaluasi dirinya terkait keputusan-keputusan bisnis yang diambil. Evaluasi diri ini meliputi locus of control dan self efficacy. Jelaskan apa yang di maksud dengan kedua sifat tersebut. Evaluasi diri •Locus of control Kepercayaan seseorang bahwa ia mamppumengendalikan lingkungan disekitarnya. •Self eficacy Kepercayaan sesorang pada kekuatan diri dakam menjalankan tugas tertentu. 6.Seorang entrepreneur harus bisa membuat keputusan positif mengenai sesuatu yang belum dipahami anggota organisasi, dalam kondisi ketidakpastian, dan informasi yang terbatas. Jelaskan apa yang Saudara ketahui terkait karakteristik kognitif, over confidence, representative, dan intuisi dari seorang entrepreneur. karaakteistik kognitif entrepeneur •Overconfidence Overconfidence merupakn keprcayaan pada pernyataan diri yang melebihi keakuratan pada data yang diberikan. •Representatif Representatif merupakan keinginan untuk menggenerasikan dari sebuah contoh kecil yang tidak mewakili sebuah populasi. •Intuisi Sebagian besar entrepreneur mrnggunakn instuisi dari pada informasi dalam membuat keputusan. 7.Apa yang dimaksud dengan usaha kecil? Apa keunggulan dan kelemahan usaha kecil tersebut? Jelaskan dan beri contohnya! Bagaimana struktur usaha di Indonesia? Usaha kecil adalah usaha yang dikeloala secara mandiri, tidak mendominasi pasar dan memenuhi ukuran standar tertentu dari sisis laba dan jumlah karyawan. Usaha kecil umumnya memiliki karyawan kurang dari 20 orang (85%), antara 20 hingga 100 orang(10%), dan selebihnya antara 100 hingga 500 orang (5%). Usaha kecil ritel yang dimiliki pribadi, seperti toko sepatu, alat tulis, toko mainan, toko obat dan lain sebagainya. Keunggulan pada usaha kecil meliputi: •Inovasi (usaha kecil lebiyh kreatif dalam menjalankan bisnisnya daripada perusahaan besar serta sangat inovatif dalam memunculkan ide-ide untuk barang dan jasa baru). •Biaya rendah •Ceruk pasar •Layanan pelanggan (mampu memberikan pelayanan yang superior pada pelanggannya). 8.Dalam mengembangkan usaha para entrepreneur dapat memperoleh kredit dari Bank. Sebutkan bentuk kredit dari perbankan nasional menurut penggunaannya! Bagaimana dalam mengembangkan usaha kita dapat mengajukan kredit kepada bank, meliputi kredit modal kerja, kredit konsumsi, atau kredit investasi. Kinerja keuangan beberapa bank triwulan 1 th 2013 Bank Total AsetGiroTabunganSimpanan BerjangkaLaba Thun Belanja Mandiri640.6094.52195.67176.834.30 BRI529.5158.40172.68175.105.09 BCA447.492.24206.3069.392.89 BNI319.7268.5489.6475.912.07 CIMB NIAGA217.4642.9732.6783.991.05 9.Bagaimana perkembangan UMKM dan sumbangan UMKM terhadap produk domestic bruto Indonesia yang Saudara ketahui? UMKM di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pertambahan jumlah UMKM meberi nilai positif bagi peningkatan produk domestik bruto (PDB). 10.Apa yang Saudara ketahui tentang pajak usaha kecil terkait SK Menteri Keuangan no. 197 tahun 2013 dikaitkan dengan SPT dan PPN? berdasarkan SK Mentri Keuangan No. 197 tahun 2013 yang ditetapkan tanggal 20 desember 2013, pengusaha dengan omzet tidak melebihi Rp 4,8 miliar setaun dan memmilih menjadi bukan pengusaha kena pajak, tidak diwajibkan dipungut, menyetor dan melaporkan pajak pertambahan nilai, serta tidak diwajibkan membuat faktur pajak dan tidak perlu melaporkan surat pemberitahuan (SPT) masa pajak pertambahan nilai (PPN). 11.Sebutkan dan jelaskan apa yang Saudara lakukan di awal membuka usaha baru? Pada awal membuka bisnis saya akan menyusun rencana bisnis yang meliputi: •Menetapkan tujuan dan sasaran Yakni penjabaran atas tujuan usaha, strategi yang dipakai, implementasi di lapangan dan sasaran yang diharapkan dari usaha tersebut. •Peramalan penjualan Yakni memperkirakan seberapa besar produk yang akan terjual, jumlah persediaan barang di gudang, luar ruang usaha yang akan dipakai dan tenaga kerja yang dibutuhkan. •Rencana keruangan Yakni perencanaan modal awal yang dibutuhkan, dana cadangan yang tersedia, titik pulang pokok (break eventpoint), neraca keuangan serta aliran kas. 12.Dalam memulai membuka usaha, prinsip apa yang paling utama harus kita miliki? Jelaskan! prinsip yang paling utama yang harus dimiki kita dalam memulai usaha adalah tekat kuat, kerja keras, dan dedikasi. 13.Setiap orang berpeluang memiliki usaha atau perusahaan sendiri! Banyak entrepreneur sukses berasal dari kalangan kurang berada bahkan miskin karena tidak memiliki uang sebagai modal membuka usaha. Menurut Saudara modal apa yang paling utama seharusnya dimiliki oleh seseorang guna membangun usaha? Jelaskan! Modal diri dari seorang entrepreneur untuk memulai usaha adalah faktor 7K yakni, Kompetensi, Kecerdasan, Keberanian, Keyakinan, Ketekunan, Keuletan dan Kerajinan, 14.Membangun suatu bisnis haruslah dilakukan dengan cara yang cerdas dan tepat agar tidak terjadi kerugian biaya, pemborosan waktu dan tenaga, serta tepat sasaran. Menurut Saudara apa kunci sukses memulai bisnis? Jelaskan! Kunci sukses memulain suatu usaha adalah •Modal Sesuaikan kondisi keuangan kita/modal awal dngan sasaran usaha yang akan kita buka. •Skill Membuka usaha sesuai keahlian yang kita miliki merupakan kunci awal sussesnya usaha. •Lokasi Pilih lokasi usaha yang strategis, mudah dijangkau dan ramai pengunjuang. •Promosi Anda perlu memperkenalkan usaha yang baru dibuka melalui promosi atau pemasaran, minimal melaui tampilan depan tempat usaha yang di desain semenarik mungkin. •Brand Brand usaha meliputi logo dan nama usaha merupakan salah satu daya tarik calon konsumen untuk mampir atau bergabung dengan perusahaan kita. •Membangun sistem Bangun sistem usaha yang baik sejak awal memulai usaha. •Karyawan Rekrut karyawan yang mempuni, akan lebih baik yang telah memiliki keahlian sesuai bidang usaha yang kita buka. 15.Untuk mendukung keberhasilan usaha, apa saja penunjang sukses yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur? Jelaskan! Jelaskan juga kiat sukses Bill Gates di bidang IT! 7 penunjang keberhasilan meliputi •Pengetahuan (knowledge) •Kemampuan (capable) •Pengalaman (experience) •Visi (vision) •Harapan (hope) •Keyakinan (faith) •Kebahagiaan (happiness) Dan prinsip Bill Gates, entrepreneur kelas dunia di bidang Teknologi Informasi yakni : •Percaya diri sendiri •Kerja sama •Fokus •Melihat peluang •Berbagi kemakmuran •Belajar dari kesalahan •Memperbaiki kesalahan 16.Apa saja alat pembayaran yang umumnya digunakan para nasabah Bank dalam proses transaksi yang Saudara ketahui? Bagaimana komposisi pengggunaannya untuk belanja online? Bagaimana pula untuk membayar tagihan? Alat pembayaran yang digunakan para nasabah bank dalam proses transaksi yakni belanja online, bayar tol/parkir, makan di luar rumah, belanja di merchant, membayar tagihan, dan transfer. Untuk belanja online penggunaan debit card 31.7%, internet banking 3,5%, mobile banking 29,5%, phone banking 7,6%, e-money 2%, kartu kredit 17,4% dan tunai 36,3%. Sedangkan pada pembayaran tagihan untuk debit card 33,55, sms banking 3,5%, mobile banking 10,2%, phone banking 7,6%, kartu kredit 13,3% dan tunai sebesar 63,5%. 17.Bagaimana indikator perbankan yang Saudara ketahui? Apa yang dimaksud dengan lembaga keuangan mikro? Bagaimana komposisi kepemilikan produk-produk perbankan oleh konsumen kelas menengah yang Saudara ketahui? Indikator perbankan untuk kredit Rp 1.814.846 miliar, dana pihak ketiga Rp 2.351.357 miliar, aset 3.065.357 miliar, untuk jumlang bang 121 dan 14.069 perusahaan. 18.Apa saja kategori usaha yang Saudara ketahui? Jelaskan keuntungan dan kelemahan tiap-tiap kategori usaha tersebut! Bentuk bisnis meliputi •Usaha perseorangan (sale propietorship) Keuntungannya : omudah dibuat dan mudah dibubarkan oseluruh laba dapat ditahan pemilik osangat fleksibel dalam mengambil keputusan Kelemahannya : outang menjadi tanggung jawab pemilik oketerbatasan pendanaan oketerbatasan menejerial dari pemilik okelanjutan usaha dapat berakhir jika pemilik meninggal, palit atau gagal •Persekutuan (partnership) Keuntungan : omudah dibuat osumber investasi dana lebih banyak okeahlian, pengetahuan dan keterampilannya saling melengkapi Kelemahannya : orentan terhadap konflik pribadi osulit dibubarkan osemua sekutu ikut menaggung utang yang terjadi atau dibuat satu orang osulit mengalihkan kepemilikan tanpa seizin sekutu yang lain. •Perseroan terbatas (corp oration) Keuntungannya : oTanggung jawab terbatas pada investasi pribadi di perusahaan (limited liability). Pengadilan hanya dapat menyita dan menjual kekayaan perusahaan tapi tidak dapat menyentuh milik pribadi para investor. oKeahlian menejemen yang terspesialisasi oKapasitas uang yang lebih luas oEfek ekonomi positif atas operasi berskala besar. Kelemahannya : oSulit dan mahal untuk di bentuk dan dibubarkan oPajak ganda, yakni dikenakan ike perusahaan dan ke pemegang saham oPembatasan legal akibat jumlah undang- undang yang banyak. 19.Jelaskan bentuk kepemilikan bisnis yang Saudara ketahui terkait struktur, peraturan dan control kepemilikan, pertimbangan pajak pertanggungjawaban, dan kondisi pembukaan maupun penghentian bisnis tersebut! Bentuk kepemilikan bisnis. StrukturPeraturan dan Kontrol KepemilikanPertimbanagan PajakPertanggung jawabanMeringankan Pembukuan dan Penghentian Pemilikan tunggalSeorang pemilik mempunyai kontrol penuhKeuntungan dan kerugian mengalir langsung ke pemilikdan dibebanikan rata-rata ke individualPemilik memiliki tanggung jawab tak terbatas terhadap uatang bisnis.Mudah untuk membangun namun meninggalkan keuangan personal pemilik dalam resiko. Pemilik harus menjual keseluaruhan bisnis untuk mendapatkan investasi dari oranglain. Perkumpulan umum Dua atau tiga pemilik: tiap rekan diberikan kontrol yang sama kecuali penentuan kesepakatan sebaliknyaKeuntungan dan kerugian mengalir langsung ke pemilikdan dibebanikan rata-rata ke individual. Partner membagikan pengjasilan dan kerugian sama kecuali jika penentuan dan kesepakatan bersama.Aset pribadi dari partner operasi memiliki resiko dari kreditir-kreditor bisnis.Mudah untuk membangun. Persetujuan bersama direkomendasikan namun tidak dibutuhkan. Partner umumnya harus menjual pembagian mereka dalam bisnis untuk mengganti investasi mereka.Hubungan terbatas Dua atau lebih pemilik: partner umumnya tidak berpartispasi dalam pengelolaanSama dengan hubungan pada umumnya.Partner-partner tertentu hanya bertanggung jawab untuk jumlah investasinya.Sama dengan hubungan pada umumnya. 20.Jelaskan perbedaan karakteristik ekonomi baru dibandingkan dengan ekonomi lama! perbedaan karakteristik ekonomi lama dan ekonomi baru KarakteristikEkonomi LamaEkonomi Baru Keuntungan kompetitifKeuntungan kompetitif bergantung pada aset fisik. Keuntungan kompetitif berdasarkan keungtungan intelektual.
Modified
Mon, 09 Mar 2015 09:55:56 GMT