Scholar Repository
Home>Prosiding>TEKNIK dictogloss sebagai alternatif model pembelajaran mata kuliah chokai
 

TEKNIK dictogloss sebagai alternatif model pembelajaran mata kuliah chokai

Title
TEKNIK dictogloss sebagai alternatif model pembelajaran mata kuliah chokai
Creator
Dra. Melia Dewi Judiasri, M.Hum, M.Pd
Publisher
JBPTUNIKOMPP - Universitas Komputer Indonesia
Contributor
Subject
Teknik dictogloss, mata kuliah chokai
Copyright
Published
2008-01-23
Abstract
Penggunaan teknik dictogloss ini adalah sebagai upaya untuk menciptakan pemelajaran yang lebih komunikatif dan lebih dinamis, sehingga hasil yang diperoleh dapat lebih maksimal. Dalam teknik ini pengajar membacakan sebuah wacana singkat kepada pemelajar dengan kecepatan normal dan pemeljar diminta menuliskan kata sebanyak yang mereka mampu, mereka kemudian bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil untuk merekontruksi wacana dengan mendasarkan kepada serpihan-serpihan yang telah mereka tulis. Hasil tes yang berkaitan dengan kemampuan menyimak isis wacana dan menuliskan kosakata dengan cepat diperoleh berdasarkan hasil rata-rata prosentase sbb: (tes 1) 90,2%; (tes 2) 84,1%; (tes 3) 87,6%, dengan demikian prosentase rata-rata perolehan jumlah jawaban yang betul pada tataran ini cukup tingi yakni 587,3%. Data hasil tes berupa hasi rekontruksi wacana yang disusun oleh pemelajar secara berkelompok dengan rata-rata prosentase kesesuaian antaran hasil rekontruksi dan teks asi berkisar antara 70% sampai dengan 90%.
 
Home>Prosiding>TEKNIK dictogloss sebagai alternatif model pembelajaran mata kuliah chokai