Scholar Repository
Home>D3_Tugas_Akhir>Keuangan_Perbankan>2014>Analisis Pelaksanaan Perjanjian Kredit Pada Koperasi Batas Kota Cimahi (KOBAKTI)
 

Analisis Pelaksanaan Perjanjian Kredit Pada Koperasi Batas Kota Cimahi (KOBAKTI)

Title
Analisis Pelaksanaan Perjanjian Kredit Pada Koperasi Batas Kota Cimahi (KOBAKTI)
Creator
Eva Gustiana NIM.21511006
Publisher
JBPTUNIKOMPP - Universitas Komputer Indonesia
Contributor
Lia Yulianti
Subject
Kredit, Perjanjian kredit
Copyright
Published
2014-11-20
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan perjanjian kredit dan untuk apa saja yang menjadi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan perjanjian kredit pada Koperasi Batas Kota Cimahi (KOBAKTI).Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang hasil penelitiannya diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulan dimana hanya mengumpulan data primer dan sekunder, dengan tujuan untuk menggambarkan dan memaparkan pelaksanaan perjanjian kredit pada prosedur pemberian kredit, dan analisis kualitatif. Adapun metode pendekatan yang digunakan penulis yaitu studi kepustakaan dan penelitian lapangan.Hasil penelitian yang diperoleh adalah Pelaksanaan perjanjian Kredit pada KOBAKTI sudah dilakukan dengan baik sesuai dengan prosedur pemberian kredit. Namun muncul masalah yang timbul pada pelaksanaan perjanjian setelah pemberian kredit dilakukan yaitu wanprestasi (terjadi keterlambatan dalam pembayaran kredit) dan terjadinya pinjaman macet yang timbul karena pembayaran angsuran pinjaman yang tidak lancar dalam pengembalian pinjamannya sehingga tidak sesuai dengan perjanjian kredit. Kredit macet yang dilihat padaperiode 2009 - 2013 mengalami kenaikan dan penurunan termasuk pemberian kredit dan kredit macetnya. Kredit macet terjadi dikarenakan banyak faktor. Cara mengatasi dalam upaya menangani kredit bermasalah akibat daria nggota yang melakukan wanprestasi mengedepankan azas kekeluargaan dan secara administrasi perkreditan. Adapun cara lain yang dilakukan koperasi yaitu penjadwalan kembali dan persyaratan kembali hingga peminjam dapat melunasi pinjamannya.
 
Home>D3_Tugas_Akhir>Keuangan_Perbankan>2014>Analisis Pelaksanaan Perjanjian Kredit Pada Koperasi Batas Kota Cimahi (KOBAKTI)